Apa Sih Arti Genre Sci Fi Pada Anime atau Manga???

Mumpung ada waktu luang, kali ini saya akan memberikan penjelasan dari salah satu genre Anime yaitu Sci Fi. Banyak teman-teman saya yang bertanya.. apa sih genre Sci Fi itu?? Ciri-ciri anime bergenre Sci fi itu gimana? dll... saya hanya bisa jawab Sci Fi itu singkatan dari Science Fiction tanpa bisa menjelaskan lebih rinci.
Setelah muter-muter di google akhirnya saya nemu penjelasannya.. yaa walaupun nggak terlalu rinci..


Sebenarnya Sci-Fi mencakup tema-tema yang luas dan mempunyai subgenre-subgenre yang mengakibatkan sulit untuk didefinisikan secara jelas. Sci-Fi sendiri adalah salah satu genre dari cerita fiksi (fiction) yang mempunyai ciri khusus yaitu elemen imajinasinya berkaitan erat dan mempunyai kemungkinan untuk dijelaskan menggunakan science atau kemajuan teknologi yag berdasarkan pada hukum alam yang dituangkan pada postulat-postulat science (kalo bahasa awamnya sih hukum-hukum fisika, kimia, biologi dll yang kita pelajari di sekolah tapi udah dalam tingkat advanced).

banyak juga kisah Sci-Fi yang menentang fakta yang ada saat ini, tetapi masih berdasarkan kemungkinan yang dapat terjadi mengacu pada banyaknya hal yang masih belum dapat dijelaskan sampai saat ini, atau menceritakan kemungkinan yang dapat terjadi apabila fakta dan sejarah yang ada tidak terjadi/salah.

Dalam film sendiri genre Sci-Fi ditandai oleh beberapa ciri tertentu, diantaranya:
* Seting futuristik, kejadian berbeda dengan fakta dan data yang mempunyai efek besar (alternate history).
* Setting luar angkasa, di dunia lain (makhluk yang tidak dikenali manusia), atau melibatkan alien.
* Berkaitan dengan teknologi atau prinsip science yang bertentangan dengan hukum alam yang diketahui.
* Berkaitan dengan penemuan atau penerapan dari prinsip science yang baru diketahui seperti mesin waktu (time travel), nano tech, robot, perpindahan melebihi kecepatan cahaya/teleportasi dan lain sebagainya.

contoh-contoh anime Sci Fi seperti..

- Sword Art Online
- Guilty Crown
- Date A Live
- Btooom!
- dll...

Untuk Penjelasan Genre yang lain... mungkin akan saya post jika ada waktu luang lagi.



Source : Yahoo answer and Wikipedia 

Tags : Arti Genre Sci Fi | Anime Sci FI | Ciri-Ciri Anime Sci FI | Genre Anime Sci FiMaksud dari genre shounen sci-fi

Post a Comment